Wednesday, November 2, 2016

Membuat Japanese Sweet Bread dengan Tepung Kabuki Gold dari Bungasari Flour Mills

BICbread1
Belajar tidak kenal usia, *mulai sensitif*. Banyak yang mengira bahwa begitu selesai sekolah/kuliah maka selesai pula kita belajar. Tapi apabila dicerna lebih jauh lagi, hidup ini adalah proses belajar yang akan berhenti jika kita meninggal nanti. Menolak untuk belajar hal baru, maka artinya sama dengan menolak untuk berkembang. Menurut saya, menolak belajar itu sama dengan menolak tantangan. Menolak tantangan, berarti pula tidak siap untuk bersaing dan ini tidak akan membawa kita kemana-mana.


Nah....bagaimana kalau segerombolan blogger ditantang untuk membuat Japanese Sweet Bread ? Bersedia hadir di acara Baking Class Bungsari kali ini, otomatis saya juga siap untuk belajar tentang hal baru. Tanggal 26 Oktober 2016 lalu, Bungasari Innvation Center membuka kelas Japanese Sweet Bread untuk para blogger. Tidak semua blogger undangan sudah mahir membuat roti. Ada yang baru pertama kali itu membuat roti, ada yang baru pertama kali ikut baking class sehingga sangat antusias sekali ikut acara baking class Bungasari.
BICbread3
Ini bukan pertama kali saya membuat roti sendiri. Sebelumnya saya sudah pernah membuat beberapa resep roti. Semuanya saya adon sendiri dengan tangan, sampai kalis !!! Apa semua roti yang saya buat itu sukses ? Hiihihihi... ya ngga laaahhh. Ada yang sukses dan ada yang gagal. Kesimpulan selama saya bikin roti sendiri adalah lumayan untuk proses olahraga otot lengan. Karena setelah selesainya, baru kerasa lengan saya nyut-nyutan. Jadi waktu baking class kemarin itu sebenarnya masih dimudahkan karena ada mixer yang bagus dan kuat, sehingga proses adonan kalis jadi lebih cepat dan tidak butuh waktu lama.

BUNGASARI FLOUR MILLS
BICbread6
Mulai beroperasi sejak Agustus 2014, Bungasari Flour Mills merupakan gabungan dari 3 perusahaan besar, yaitu : Malayan Flour Mills Berhad, FKS Group dan Toyota Tsusho Corporation. Bungasari memiliki pabrik kelas dunia yang berada di Cilegon, Banten dan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk menghasilkan tepung berkualitas tinggi dan memenuhi kebutuhan tepung terigu di Indonnesia. Dengan motto "Great Flour, Great Life", Bungasari mempunyai visi untuk menjadi produsen tepung terkemuka di Indonesia.

Bungasari juga mengambil peran nyata untuk mengedukasi masyarakat dalam mengolah tepung terigu dan aplikasinya sebagai salah satu sumber pangan bergizi tinggi dalam bentuk Bungasari Innovation Center. Jika Anda tertarik untuk mempelajari berbagai macam teknik membuat kue atau roti, Bungasari mengadakan Baking Class yang terbuka untuk umum. Di tempat ini, Anda akan mendapatkan ilmu-ilmu baru tentang dunia tepung, tips-tips baking, praktek langsung bersama chef-chef yang baik hati dan ramah. Chef ini akan dengan sabar menemani dan membimbing para peserta baking class.
BICbread7
Chef Agus dan Chef Latif
Dua kali ikutan Bungasari Baking Class, pulang dapat banyak ilmu dan selalu happy. :)

TEPUNG KABUKI GOLD
BICbread5
Di tahun 2016 ini, Bungasari Flour Mills memperkenalkan super Premium Product terbaru yaitu Tepung Kabuki Gold. Tepung Kabuki Gold merupakan tepung khusus untuk roti yang diproduksi dengan teknologi tinggi sehingga menghasilkan tepung yang sangat halus. Terbuat dari gandum berkualitas tinggi dengan kdar gluten yang tinggi. Tepung ini juga memiliki kadar abu (ash) yang rendah sehingga warna lebih putih. Kelebihan lain dari Kabuku Gold adalah kadar penyeraan air yang tinggi sehingga menghasilkan roti lebih banyak. Roti yang dihasilkan pun akan lebih lembut dengan pori-pori yang halus bila menggunakan tepung Kabuki Gold ini. 

Salah satu contoh penerapan tepung Kabuki Gold adalah pada Japanese Sweet Bread, karena Japanese bread memiliki tekstur empuk dan lembut. Dan tepung Kabuki Gold ini memang dikhususkan untuk roti sejenis ini. Perbedaan Japanese Bread dengan roti lainnya adalah rasa lebih gurih, tekstur lebih halus, menggunakan sponge/biang dan waktu pembuatan yang cukup panjang.

Saat baking class, dijelaskan tentang beberapa metode pembuatan adonan roti :

1. No Time Dough, yang digunakan untuk mengerjakan adonan secara cepat
2. Straight Dough, waktu istirahat lebih panjang pada fermentasi awal
3. Dough Break Roll, lebih hemat waktu 
4. Sponge & Dough, waktu fermentasi air + tepung + ragi minimal 60 menit
BICbread4
Pullman Cheese Bread
Metode yang dipakai saat baking class lalu adalah Sponge & Dough. Kelebihan dari metode ini adalah roti lebih wangi, lebih lembut dan tahan lebih lama. Ketika Pullman Cheese Bread ini keluar dari oven, wanginya langsng menyebar ke area baking class. Para peserta dipersilakan untuk mencicipi selagi masih hangat. Menurut saya, roti ini sangat lembut dan terasa susu. Dimakan tanpa selai pun sudah enak.

Saya sudah tidak sabar untuk mencoba beberapa resep roti dengan menggunakan tepung Kabuki Gold yang diberikan setelah selesai Baking Class. Saya juga ingin menyebarkan semangat yang diserukan oleh Bungasari waktu itu. #ayoinovasi. Terus berinovasi, menginspirasi, melakukan kebaikan. 
Note : Roti di bawah bukan dari toko roti yaaaa... :D
BICbread8
BICbread9
BICbread10
BICbread11


BUNGASARI INNOVATION CENTER
PT. Bungasari Flour Mills Indonesia
Jl. Taman Pakubuwono 6 no. 11
Jakarta Selatan
Phone : 021 - 7243394

Facebook : Dapur Inovasi Bungasari
Instagram : @dapurinovasibungasari
Youtube : Dapur Inovasi Bungasari


1 comment:

  1. Setuju mbak Tik, belajar ga kenal usia :D

    Seru baking classnya ^^!

    ReplyDelete

Thanks for stopping by and taking time to leave comment on my post. I will respond as soon as I can.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...