Thursday, January 26, 2017

Honey Lemon Glazed "Sunny Gold Chicken Karaage" Sliders

Sebagai seorang ibu dari anak remaja yang sedang dalam masa "doyan makan", saya harus mempunyai banyak ide untuk menyiapkan variasi cemilan di luar jam makan utama. Saya juga harus memastikan bahwa anak saya tidak kelaparan sepulang sekolah, di saat saya masih berada di kantor. Sejauh ini anak saya cukup mandiri, saya hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya saja, lalu dia bisa mengolahnya sendiri. Membuat makanan sederhana seperti egg sandwich, nasi goreng atau omelette sudah biasa dilakukannya tanpa bantuan saya. Yes, I am a proud mom !

Dunia kuliner saat ini berkembang dengan pesat begitu juga dengan teknologi yang mengiringinya, ditambah dengan kebutuhan akan makanan yang tidak memerlukan waktu persiapan yang lama (ready to cook), maka hadirlah makanan olahan beku siap saji dan praktis. Tujuannya tentu saja untuk mempermudah dan menghemat waktu. Sebut saja chicken nugget, sosis, chicken karaage dan masih banyak lagi produk olahan hewani yang ditawarkan. Hal yang saya anggap sangat menguntungkan jika dilihat dari tingkat mobilitas keluarga saya yang tinggi dan waktu saya yang sangat terbatas. Boleh dibilang, saya termasuk salah satu konsumen yang senang mengolah makanan siap saji tersebut menjadi extra special untuk disajikan di rumah. Dan kali ini, saya mencoba untuk berkreasi dengan produk olahan dari Sunny Gold.

SUNNY GOLD 

Sunny Gold adalah salah satu brand dari PT. Malinda Food Delight yang merupakan produsen makanan olahan berbahan dasar daging ayam. Menggunakan daging ayam segar pilihan, higienis dan kaya protein, diproduksi menggunakan mesin-mesin berteknologi modern, menghasilkan produk dengan cita rasa yang lezat. Sampai saat ini, ada 11 varian produk-produk Sunny Gold yang dapat dijumpai di pasar, antara lain Chicken Nugget, Chicken Sausage, Chicken Bratwurst, Chicken Sausages Black pepper, Chicken Tempura, Chicken Karaage, Spicy Wing, Tulip Wings, Chicken Stick, Variant Pack (kombinasi nugget dan stick) dan Crispy Crunch (kulit ayam goreng). Semuanya tersedia dalam kemasan 250gr dan 500gr.

Daging-daging ayam yang merupakan bahan utama dalam produk Sunny Gold dihasilkan dari peternakan sendiri atau peternakan-peternakan yang sudah tersertifikasi. Kualitas produk dijamin karena diproses di pabrik yang sudah mendapatkan ISO 9001 - Quality; ISO 22000 - Food Safety Management. Untuk kaum Muslim, tidak perlu khawatir karena Sunny Gold sudah berlabel HALAL MUI, serta mengikuti aturan dari BPOM, tidak mengandung zat-zat berbahaya seperti borax atau formalin sehingga aman untuk dikonsumsi.
chickarslider6
BERKREASI DENGAN SUNNY GOLD

Kegandrungan anak saya dengan burger dan hotdog, memberi saya ide untuk membuat mini burger atau slider yang cocok untuk bekal sekolah atau cemilan sore. Saya memilih untuk menggunakan Sunny Gold Chicken Karaage untuk kreasi slider ini. Chicken Karaage dari Suny Gold terbuat dari potongan daging paha ayam tanpa tulang dan kulit yang dilapis tepung bumbu. Tidak terlalu sulit untuk mengolah Chicken Karaage dari Sunny Gold ini, dari segi rasa pun menurut saya sudah terasa bumbunya dan pas di lidah. Lapisan tepungnya renyah dan daging ayamnya pun empuk.

Chicken Karaage Sunny Gold dikemas dalam bungkus plastik berwarna emas dan merah yang memberikan kesan eksklusif. Semua produk Sunny Gold juga sudah dilengkapi dengan tabel nilai kandungan gizi di bagian belakang kemasan. Penyimpanan yang disarankan untuk Chicken Karaage ini adalah di dalam freezer dengan suhu -18oC. Jika kemasan sudah dibuka, maka disarankan untuk tetap disimpan di dalam freezer dan sebaiknya dikonsumsi maksimal 1 bulan setelah kemasan dibuka. 

Membuat Honey Lemon Glazed Chicken Karaage Sliders sangatlah mudah dan cepat. Untuk slider bun, saya pilih whole wheat slider bun karena saya suka tekstur gandum di setiap gigitan roti. Agar tampilan slider lebih menarik sekaligus untuk menyisipkan asupan serat, saya tambahkan sayuran. Sementara Chicken Karaage cukup saya goreng sampai kering dan berwarna kuning keemasan. Jika Anda tidak mau Chicken Karaage yang digoreng, maka bisa dengan cara memanggangnya di oven. Tips yang saya dapatkan dari Chef Stefu Santoso di acara Blogger Gathering Sunny Gold adalah "Gunakan minyak yang cukup banyak agar makanan yang digoreng terendam dalam minyak dan minyak harus panas. Karena minyak yang sedikit akan menyebabkan minyak terserap oleh makanan dan hasilnya makanan kurang garing." Tips bermanfaat yang bisa diterapkan jika ingin mendapatkan gorengan yang renyah.
chickarslider4
Ide melapisi Chicken Karaage dengan saus madu lemon ini untuk memberikan rasa asam manis. Jadi setiap gigitan slider akan terasa flavorful, lengkap dari gurih, asam, manis. Dengan tampilan warna warni dalam satu tumpukan slider, saya jamin akan mencuri hati anak-anak. Bekal sekolah cantik yang dibuat dengan cinta oleh ibu di rumah dan lebih hemat dibanding beli di luar. Anak senang, ayah senang, ibu pun senang. Selamat mencoba !

Cook's notes :
- Agar ukuran Chicken Karaage lebih lebar, belah dua Chicken Karaage yang telah digoreng (jangan sampai putus) lalu lebarkan.
- Untuk menghemat waktu, Honey Lemon Sauce bisa dibuat terlebih dahulu dan disimpan di dalam kulkas.
- Variasi sayuran bisa disesuaikan dengan kesukaan anak.
chickarslider5
chickarslider7
Enjoy

No comments:

Post a Comment

Thanks for stopping by and taking time to leave comment on my post. I will respond as soon as I can.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...